Rabu, 04 Maret 2015

Gear Pump

Definisi Gear Pump :

Gear Pump atau Pompa roda gigi merupakan jenis positive displacement pump dimana liquid mengalir melalui sela-sela gigi.
Prinsip Kerja Gear Pump
Disebut sebagai positive displacement pump adalah ketika liquid mengalir dengan menggunakan daya dorong gravitasi sehingga menghasilkan pressure secara alami.

Pompa ini terdiri dari 2 buah roda gigi yang di pasang saling merapat. Perputaran roda gigi yang saling berlawanan arah akan mengakibatkan tekanan vakum pada sisi hisap, akibatnya fluida akan terisap masuk ke dalam ruang pompa. Kemudian fluida di kompresikan ke luar pompa hingga tekanan tertentu.  Pompa roda gigi terdiri dari roda gigi penggerak dan roda gigi yang digerakkan. Pada pompa roda gigi  terdiri dua macam yaitu pompa roda gigi external dan internal. 

EXTERNAL GEAR PUMP:

distibutor gear pump


Cara Kerja :
Ketika roda gigi berputar, terjadi penurunan tekanan pada rumah pompa sehingga cairan mengalir dan mengisi rongga gigi. Cairan yang terperangkap dalam rongga gigi terbawa berputar. Kemudian dikempakan dalam saluran pengeluaran, karena pada bagian ini terjadi pengecilan rongga gigi.
Jika jumlah gigi semakin sedikit maka volume fluida yang dialirkan semakin besar karena rongga antara roda gigi dengan dinding semakin besar pula. Sedangkan untuk meningkatkan flowrate dapat dilakukan juga dengan meningkatkan rpm dari roda gigi tersebut. Pompa jenis ini tidak memerlukan valve seperti pada reciprocating pump sehingga loss dapat berkurang.


Aplikasi :

1.    Oli dan Pelumas
2.    Minyak Goreng
3.    Transfer Fuel atau bahan bakar


INTERNAL GEAR PUMP :



Cara Kerja
Internal gear pump bekerja dengan memanfaatkan roda gigi dalam yang biasanya dihubungkan dengan penggerak dan roda gigi luar yang biasanya bertindak sebagai idler. Awalnya fluida masuk lewat suction port antara rotor (roda gigi besar) dan idler (roda gigi kecil). Fluida kemudian masuk melalui celah-celah roda gigi. Bagian yang berbentuk seperti bulan sabit membagi fluida dan bertindak sebagai seal antara suction dan discharge port. Fluida yang membanjiri discharge port akan terus didorong oleh fluida dibelakangnya sehingga fluida terus mengalir


Aplikasi

1.    Berbagai macam oli bahan bakar dan pelumas
2.    Food product seperti sirup, coklat atau peanut butter
3.    Alkohol dan solvent
4.    Aspal, bitumen dan tar
5.    Polyurethane foam
6.    Cat, tinta dan pigmen


Jika anda membutuhkan gear pump untuk aplikasi industri anda, bisa hubungi marketing kami :


Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 agen supplier distributor industrial pump All Right Reserved